Sinopsis Novel Penari Matahari “Elegi Tarakan”

1
76

ETNOGRAFI.ID: Percayalah bahwa kemerdekaan yang telah lama diimpikan itu telah berada dalam genggaman rakyat Indonesia. Sejalan dengan berakhirnya penderitaan dan kesengsaraan yang telah dirasakan rakyat Indonesia berabad-abad lamanya. Entah berapa bamyak manusia yang telah binasa diujung senapan atau mati perlahan dalam penderitaan yang tak tertahan.

Penderitaan itu berawal dengan datangnya Belanda tahun 1896 sebuah perusahaan minyak BPM (Bataviche Petroleum Mitchipij) menemukan sumber minyak dipulau ini Tarakan. 1942 Jepang masuk Indonesia dan membumi hanguskan pemerintahan Hindia Belanda melalui jalur Tarakan. Dengan kedatangan Jepang, banyak wanita Jawa yang disandra sipaksa dijadikan Ianfu atau pekerja seks paksa militerisme Jepang di Tarakan Kalimantan Timur. Penderitaan pun semakin menjadi jadi. Bagaimanakah nasib wanita Jawa yang disandra Jepang?

Bacalah novel karya Mahasiswa Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPs UPI), Dian Ahmad Wibowo, maka Anda akan menemukan sisi lain dari Jugun Ianfu.

(RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.