Event Otomotif Membentuk Budaya Kota Banjar

0
41
Peserta Kejurda Balap Motor Seri 1 IMI Jabar (Foto: Asep/JBP)

BANJAR, ETNOGRAFI.ID—Ikatan Motor Banjar (IMB) menggelar balap motor kejuaraan daerah Jawa Barat di Sirkuit Sport Center, Langensari, Minggu (08/07). Event tahunan ini sudah membudaya bahwa Kota Banjar kerap menjadi tuan rumah dalam event otomotif di Indonesia.

Ketua IMB, Soedrajat mengatakan bahwa kejuaraan daerah (Kejurda) ini merupakan bagian dari agenda tahunan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar. Menurut dia, Kota Banjar kerap menerima kehormatan sebagai tuan rumah berbagai event otomotif Nasional maupun Internasional. Boleh jadi, event otomotif adalah budaya yang dimiliki Kota Banjar.

“Kejuaraan balap motor Kejurda ini merupakan agenda tahunan dan biasa digelar IMI Jabar. Para pebalapnya pun datang  dari Bandung, Bekasi, Karawang, Subang dan kota di Priangan Timur,” terang dia.

Dalam kejuaraan kali ini ada 17 kelas yang diperlombakan. Yaitu, kategori kelas wajib dan supporting race.

Untuk kelas wajib meliputi, Mp 1 (BBK 4 T TU 150 CC, Mp 2 (BBK 4 T TU 125 CC), Mp3 (BBK 4 T TU 150 CC, Mp 4 (BBK 4 T TU 125 CC Injeksi Pmula A), Mp 5 (BBK 4 T Std 150 CC Injeksi Pemula B 16), Mp 6 (BBK 4 Std 125 CC injeksi pml B 16 thn), matic Tu 115 Cc wanita, matic Std 130 Cc wanita, matic aero,open (stdr bebek), BBK 4 T 150 cc Ecu 12 thn (pembinaan).

Sedangkan untuk Supporting race, matic Tu 115 cc pemula lokal CiBaTaPa, matic TU 115 cc pemula, matic std 130 cc pemula lokal CiBaTaPa, matic 130 cc pemula, matic 150 cc pemula dan BBK Std 2 T 125 cc pemula dan scooter TU 250 cc open.

Pimpinan Pelaksana Kejuaraan juga komisi bagian balap Motor yakni Jamaludin mengemukakan, seri pertama ini merupakan program Jabar memperlombakan kelas yang ada di Motoprix bahwa tahun kemarin masih memakai mesin campuran antara kaburator dan injeksi sehingga untuk seri ini mengikuti sesuai dengan motoprix yaitu hanya menggunakan mesin injeksi.

“Alhamdulilah untuk seri pertama ini kita melaksanakan lomba sesuai dengan Motoprix yaitu dari MP 1 sampai dengan MP6,”kata Jamaludin

Kejuaraan Balap ini bulan hanya di ikuti oleh kaum lelaki dan dewasa juga ada kelas khusus buat wanita dan juga kelas Anak anak umur 12 tahun.

“Ada beberapa kelas untuk wanita dan ini sudah berjalan dari tahun sebelum nya dan untuk kelas anak anak merupakan cara kita mencari bibit pembalap dan itu juga salah satu progran IMI demi melahirkan pembalap pembalap hadal,” tandasnya (John)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.