Begini Cara Pos Adam Budayakan Gotong Royong

0
73

BANJAR, ETNOGRAFI.ID–Masyarakat Kota Banjar patut berbangga dengan capaian prestasi Polres Banjar di tingkat Jawa Barat. Polres Banjar berhasil menjuarai lomba siskamling tingkat Polda Jabar. Perlombaan ini merupakan rangkaian perlombaan menyambut Hari Bhayangkara ke-72.

Diketahui penilaian Siskamling tersebut memperhatikan beberapa objek penilaian diantaranya keberadaan pos kamling, personil yang mengawakilinya, peralatan kelengkapan pos, serta administrasi penunjang.

Setelah kurang lebih dua pekan melakukan penilaian sebanyak 4 Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Banjar, akhirnya tim penilai memilih satu Pos Kamling ADAM untuk mewakili Polres Banjar dalam perlombaan tingkat Polda Jabar. Berlokasi di RW 07 Lingk.Jadimulya Kel.Hegarsari  Kec.Pataruman Kota Banjar Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) tersebut menjadi perwakilan dari Polres Banjar. 

Adapun penilaian oleh tim dari Direktorat Binmas Polda Jabar, telah dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2018 yang lalu.

Dalam lomba Siskamling yang diikuti 22 Polres/Polrestabes se-Jawa Barat tersebut, Pos Kamling ADAM RW 07 akhirnya berhasil menjadi yang terbaik meraih juara pertama.

Pencapaian luar biasa tersebut tentunya diraih berkat kerja keras Polres Banjar dalam hal ini Sat Binmas Iptu.Suharno selaku penjurunya serta hasil pembinaan yang baik oleh Polsek Pataruman sebagai pembina lingkungan dimana pos kamling tersebut berada. 

Kapolsek mengaku bangga dengan diraihnya Juara Siskamling tingkat Polda Jabar ini. Namun dibalik kebanggaan tersebut terdapat beban yang cukup besar dimana keaktifan serta budaya gotong royong Siskamling di wilayah Kec.Pataruman khususnya di lokasi RW 07 Lingk. Jadimulya Kel. Hegarsari haruslah benar-benar terjaga. 

Tokoh Masyarakat Lingk. Jadimulya H. Ahmad Dimyati mengatakan, “Siskamling diharapkan tidak hanya aktif setelah adanya peristiwa kejahatan ataupun gangguan Kamtibmas di wilayahnya. Seluruh warga harus menyadari arti pentingnya sistem keamanan lingkungan yang menjadi garda terdepan dalam menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di Masyarakat,” ujarnya Rabu (11/07/2018) malam. (Sep) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.