Inilah Isu Penting Perkuliahan Umum Prodi Sejarah SPs UPI 2018

1
64

BANDUNG, ETNOGRAFI.ID– Ketua Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Sriwijaya (UNSRI), Dr. Farida R. Wargadalem, M.Si meminta dukungan kepada akademisi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk penyelamatan cagar budaya bukit Siguntang Palembang. 

Pasalnya saat ini cagar budaya Bukit Siguntang sedang mengalami masalah yakni renovasi yang berujung ekploitasi situs peninggalan sejarah.

“Kami memohon dukungan semua akademisi UPI untuk menyuarakan penyelamatan cagar budaya peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yakni Bukit Siguntang yang saat dilanda masalah perusakan,” ungkap saat memberikan materi Perkuliahan Umum Prodi Sejarah SPs UPI, Senin (03/08/2018).

Menurut dia, cagar budaya peninggalan sejarah Bukit Siguntang merupakan saksi bisu perkembangan kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Bagi Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia ini bahwa renovasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini dinilai sebagai yang fatal. Sebab, telah melanggar UU Cagar Budaya No 11 tahun 2010.

“Rencanaya di lokasi cagar budaya itu akan didirikan sebuah galeri yang katanya untuk menyambut Asean Games akan tetapi faktanya belum selesai hingga saat ini.”

“Kami meminta dukungan untuk menyadarkan pemerintah daerah untuk tetap menjaga keutuhan peninggalan sejarah Bukit Siguntang sebagai bagian dari identitas bangsa Indonesia,” pungkas dia. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.