Warga Ciamis Ini Temukan Teknologi Baru Dari Daur Ulang Sampah

0
65
Mengoreng dengan Minyak dari olahan plastik

CIAMIS, ENTNOGRAFI.ID–Sampah memang menjadi permasalahan semua orang, baik sampah organik, sampah non organik namun di tangan orang Kreatif sampah plastiik di ubah menjadi Bahan Bakar Alternatif .

Komunitas Rumah Runtah dusun Garahang Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, menciptakan alat pengolahan sampah plastik, yang sudah di urai bertahun tahun, dengan alay tersebut dapat dijadikan Bahan Bakar Alternatif, seperti minyak tanah, alat yang di bernama LIPLAS ( Liquid Plastik) ini adalah alat pengelolaan sampah plastik menjadi Minyak Mentah yang sangat sederhana, namun daoat menjadi solusi bagi mengatasi sampah plastik.

Dike ketua Komunitas Rumah Runtah memgatakan pembuatan alat ini sebagai keprihatiannya melihat sampah di wilayah Panjalu yang kian menumpuk, apalagi sampah plastik yang susah di urai. minggu (23/9/18).

“kami prihatin dengan sampah di Panjalu, produksi sampah tak kurang dari 1600 ton pertahunnya, ini yang menjadi prioritas kami untuk mengatasinya, salah satunya sampah plastik tersebut,” ungkapnya.

Minyah Mentah Hasil dari sampah Plastik

Dike menjelaskan alat Liquid Plastik ini dibuat sangat sederhana dan simpel, dan masih perlu pengembang lagi, apabila untuk mencapai hasil yang kwalitas bagus, ” namun dengan alat sekarang saja kami sudah cukup senang, selain hasil penyulingan pembakaran sampah plastik ini, sudah dapat di gunakan”,

Kami berharap dengan uji coba dengan hasil baik ini, pemerintah daerah terutama dinas terkait, dapat serius mengatasi sampah khususnya plastik,(dr).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.