Merawat Indonesia Melalui Panggung Sajak

0
58
Sumber Foto: Internet

BANJAR, ETNOGRAFI.ID—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar akan menggelar panggung apresiasi sajak. Bekerjasama dengan Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dan Entografi Institute ini rencana akan dilaksanakan pada Jum’at 09 November 2018 di Taman Lapang Bhakti Kota Banjar.

Panggung apresiasi sajak ini memiliki misi besar yakni membangun narasi pembangunan melalui sajak atau puisi sebagai tanda perkembangan ilmu pengetahuan. Selain itu, memberikan ruang ekspresi bagi para pecinta sastra sajak untuk mengumandangkan ide, gagasan yang tertuang dalam sebuah narasi sastra puisi.

“Menyampaikan pendapat bagian dari identitas demokrasi. Perlu ada nafas baru untuk dijadikan satu gerakan bersama dalam menyampaikan pendapat melalui hasil pemikiran ide, gagasan berupa seni sastra sajak. Maka, kita buat ruang bersama dalam sebuah panggung untuk sama-sama memaknai isi dari sajak yang akan dibawakan oleh putra-putri bangsa di Kota Banjar,” ucap Narahubung, Panggung Sajak, Syarif Hidayat, Minggu (04/11/2018).

Menurut Syarif teknis pelaksanaan panggung sajak ini, pihaknya menerima naskah sajak bahasa Sunda atau Indonesia yang akan diapresiasi kemudian dibedah untuk dimaknai dalam sebuah diskusi. Dalam ruang panggung sajak ini, sangat terbuka untuk umum. Seperti dari kalangan, sastrawan, seniman, budayawan, akademisi serta komunitas pegiat literasi.

“Bagi yang ingin diapresiasi sajak berbahasa Sunda/Indonesia, hasil penciptaan atau naskah sajak dari orang ternama, silahkan saja. Nanti secara bersama dibedah untuk bahan diskusi. segera kirim naskah sajak/puisinya ke email [email protected] atau [email protected]. Nanti akan diperbanyak dan dibagikan kepada peserta diskusi panggung sajak nanti,” ucap dia.

Dia berharap, dengan adanya satu ruang ekspresi ini, mampu memberikan energi baru bagaimana perkembangan geliat sastra. Gerakan literasi masyarakat  ini pun harus menjadi tranding positif bagi perkembangan kebudayaan dalam menjaga dan melindungi bahasa sebagai identitas bangsa Indonesia.

Sumber; Etnografi Institute

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.