Inilah Fakta Unik Resepsi Pernikahan Putra Sulung H. Iwan M Ridwan

0
103
Foto: Istimewa (Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata Berfoto Dengan Pengantin Putra Sulung Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, H. Iwan M Ridwan)

PANGANDARAN, ETNOGRAFI.ID—Resepsi pernikahan Ginanjar Rahmat Andhika (Dika) putra sulung Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, H. Iwan M Ridwan yang menikahi Gina Nurul Fitrah putri dari Acep Miftahusoleh dan Tini Tursini dari Singaparna Tasikmalaya berlangsung meriah.

Acara resepsi yang digelar di kediaman H. Iwan M Ridwan, Dusun Bangunsirna RT/RW 01/02, Desa Sukamaju, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran ini syarat dengan akulturasi budaya. Ini ditunjukan dengan sajian kuliner yang dihidangkan, yakni makanan khas Jawa dan Sunda.

Boleh jadi letak demografis Mangunjaya ini sangat berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah sehingga, mobilitas masyarakatnya pun bercampur hingga terjadi multikulturalisme antar adat budaya dua provinsi Jabar dan Jateng.

“Dari makanan pun sudah terlihat. Ada makanan khas Sunda juga Jawa. Sunda ada pindang gunung, soto khas Mangunjaya, semur jengkol serta lalap-lalapan yang selalu segar. Sedangkan jawa ada gudeg nangka, serta makanan soto bebek juga ada. Pokonya cocok untuk lidah orang Sunda dan Jawa,” ucap Agus, tokoh pemuda Pangandaran, Selasa (11/12/2018).

Selain kuliner, pelaminan pun bernuansa akulturasi budaya Jawa dan Sunda. Ada beberapa aksen rias dikolaborasikan. Sehingga memunculkan rasa kemesraan dan kebahagiaan kedua mempelai.  Masyarakat pun terus berbaur, terlihat para pejabat tinggi di Priangan Timur bercakap-cakap ringan. Ya, tentu suasana keakraban pun terasa di pesta resepsi pernikahan Dika dan Gina.

“Untuk panggung hiburan, banyak menampilkan kesenian tradisi dan modern. Inilah yang membuat betah para tamu undangan untuk berlama-lama di resepsi putra sulung kang Iwan M Ridawan. Bahkan nanti malam harinya, masyarakat pun akan disuguhkan oleh pertunjukan Wayang Kulit sebagai kesenian khas Jawa Tengah,” imbuh Agus.

Pantauan ETNOGRAFI.ID Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata bersama istri pun hadir pada acara resepsi pernikahan putra sulung Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, H, Iwan M Ridwan. Kedua putra terbaik Pantai Selatan Jabar ini pun berfoto bareng dengan kedua pasangan pengantin dengan menggunakan gaun berwarna merah. Keserasian dan keselarasan perpaduan warna manambah khasanan kemesraan pesta pernikahan Dika dan Gina tersebut. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.