Tak Pulang Kampung Saat Lebaran, Bripda Sindi Lestari “Disana Kadang Saya Merasa Sedih”

0
43
Polwan Polres Banjar, Bripda Sindi Lestari saat bertugas melayani masyarakat menyebrang jalan. Foto: Dok Pribadi

BANJAR, ETNOGRAFI.ID— Merayakan kemenangan di hari raya Idul Fitri bersama keluarga tentu menjadi harapan semua kaum Muslim. Pergi merantau dan pulang kampung untuk berkumpul dengan orang tua, saudara, sahabat menjadi momen berharga.

Namun, bagi mereka menjalankan tugas saat di hari raya tak kalah lebih mulia. Orang lain bermudik tetapi bagi mereka yang diberi tugas tanggung jawab oleh negara harus mengurungkan keinginanya untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Bagaimana bila profesi yang dilakukan oleh seorang wanita dan tidak pulang kampung saat leberan. Rapuh rasanya bila saat mendengar lantunan Takbir serta halal bil halal usai solat Ied, bayangan itu tidak bisa dilakukan karena tugas yang harus dijalankan.

Seperti yang dialami Bripda Sindi Lestari (22), Polisi Wanita anggota Sat Lantas Polres Banjar. Dirinya mengaku terkadang merasa sedih ketika melihat orang lain bermudik sedangkan ia masih siaga melaksanakan tugas. 

Bersama rekan Polwan lainya, Bripda Sindi Lestari kerap saling menguatkan dan memberi motivasi untuk tetap fokus mengemenban amanah dan mengerjakan dengab ikhlas. 

“Kalau ngomoning perasaan tak pulang lebaran, terkadang agak sedih melihat orang lain bisa berkumpul dengan keluarga dan saya sendiri tidak bisa. Ini sudah menjadi pilihan dan resiko sebagai seorang Polwan,” ungkapnya penuh rasa sendu, Sabtu (05/06/2018).

Polwan Cantik, Bripda Sindi Lestari. tetap semangat saat menjakankan tugas, meski tidak pulang kampung ke Sumedang, Jawa Barat. Foto: Syarif H

Menurut Polwan cantik asal Sumedang, Jawa Barat ini ada momen tertentu saat dirinya merasakan penuh kesedihan. Yaitu pada saat pertama puasa, malam takbir, solat ied dan halal bil halal bersama keluarga. Terutama bisa makan bersama dengan masakan khas lebaran, menjadi catatan indah sendiri bagi dia.

“Sudah 4 tahun gak pulang dari sejak bertugas di Polres Banjar. Kalau ingin ketemu, biasanya keluarga suruh datang ke Banjar saja, karena selama tugas tidak ada libur. Tapi Pak Kapolres Banjar suka menggelar open house bagi anggotanya yang tidak libur,” imbuh dia dengan nada rendah.

Bripda Sindi Lestari berharap dalam bertugas pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 H bisa berjalan lancar dan aman. Bagi para pemudik diharapkan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dan kendaraan saat melakukan perjalanan menuju kampung halaman. (Syarif Hidayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.