Pelajar Banjar Sampaikan Aspirasi ke Paslon

0
50
Lintang Arung Lamba saat menerima hadiah sebagai Juara Lomba Menulis Surat kerjasama KPU Kota Banjar dengan Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK)

BANJAR, ETNOGRAFI.ID–Menjelang akhir masa kampanye Pilkada Kota Banjar Tahun 2018, KPU Kota Banjar mengadakan acara bertema “Silaturahmi Pasangan Calon” bertempat di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI), Kota Banjar. Acara dihadiri dua Pasangan Calon (Paslon) yakni Paslon satu Ade UU Sukaesih – Nana Suryana dan Paslon dua Maman Suryaman – Irma D. Bastaman bersama masing-masing Tim Kampanye dan LO-nya.

Selain kedua Paslon, acara itu dihadiri juga oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yaitu Kapolres Banjar, Dandim Ciamis, Kajari Kota Banjar, dan Sekda Kota Banjar yang sekaligus Ketua Desk Pilkada Kota Banjar.

Sementara itu, unsur penyelenggara Pemilu juga hadir secara lengkap. Ketua KPU beserta seluruh Komisioner dan jajaran sekretariat serta badan adhock juga hadir mulai dari PPK, PPS, dan Ketua KPPS.

Demikian juga Panwaslu, Panwascam, dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) turut hadir. KPU juga menghadirkan berbagai lapisan masyarakat, seperti kelompok pedagang, petani, Ormas, kelompok perempuan, kelompok Disabiltas dan tidak terlewat juga Kelompok Pemilih Pemula yang sebagian besar dari kalangan pelajar seperti OSIS, MoKa, Paskibra, dan para pelajar Pegiat Literasi.

“Kami sengaja mengundang berbagai kalangan masyarakat agar mereka semakin paham bahwa patisipasi mereka dalam Pilkada sangatlah penting. Melalui kegiatan ini juga KPU memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya,” tutur Ketua KPU Dani Dnial.

Aspirasi Pelajar

Acara silaturahmi pasangan calon tampak meriah namun terkesan santai dan informal karena dikemas dengan suguhan kultural dikolaborasi dengan pertunjukan budaya wayang dan seni serta musikalisasi doa.

Selain itu dalam acara puncak ini juga disampaikan aspirasi dari kelompok pemilih pemula, yang diwakili para pelajar Kota Banjar terutama yang sebelumnya telah terlibat dalam Lomba Menulis Surat untuk Calon Kepala Daerah dalam Pilkada Kota Banjar Tahun 2018.

Lomba menulis surat ini merupakan kerjasama KPU Kota Banjar dengan Yayasan Ruang Baca Komunitas untuk menjaring aspirasi kelompok pemilih pemula kepada para Paslon.

Lintang Arung Lamba, Siswa SMAN 3 banjar yang menjadi salah satu Juara Lomba menulis Surat tersebut ditunjuk untuk membacakan suratnya secara langsung di depan para Paslon sekaligus mewakili para pelajar Banjar untuk menyampaikan aspirasinya dengan menyerahkan kumpulan surat dari pelajar kepada kedua pasangan calon.

“Saya berharap agar penghijauan di Kota Banjar ditingkatkan lagi, di sekitar jalan Purwaharja tepatnya di depan Samsat Kota Banjar, karena pada saat terjadi hujan deras beserta angin kencang yang menyebabkan pohon-pohon di pinggir jalan banyak yang tumbang, semoga kerusakan trotoar dan pohon tumbang segera diperbaiki lagi, dipercantik dan diperindah lagi,” ucap Lintang saat membacakan suratnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Ketua Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), Siti Maroah, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Lomba Menulis Surat merupakan bagian dari kepedulian YRBK kepada Kota Banjar yang akan memilih calon pemimpinnya melalui gelaran Pilkada Kota Banjar Tahun 2018.

“Momentum Pilkada saat ini kami mamfaatkan dengan mengajak para pemilih pemula agar mampu berkontribusi secara positif. Caranya antara lain mendorong mereka agar turut berpartisipasi menjadi pemilih cerdas. Untuk itu kami mengadakan lomba menulis surat dengan dua tujuan utama.

Pertama melatih para pelajar untuk mengekspresikan ide dan gagasan dalam kegiatan literasi. Kedua, giat ini sekaligus menjadi ajang untuk menyerap aspirasi kalangan pelajar Kota Banjar untuk dapat disampaikan kepada para calon pemimpin Kota Banjar lima tahun ke depan,” tambah Siti Maroah. (RILIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.