Ingin Mengenal Tokoh Pewayangan?

0
47
Sumber Kemenpar

PANGANDARAN, ETNOGRAFI.ID—Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing untuk berkunjung. Kekayaan alam melimpah serta budaya yang terhampar di negeri khatulistiwa ini membuat Indonesia menjadi negara yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan mancangera.

Sebut saja pantai Selatan Jawa Barat, Pangandaran. Daerah otonomi baru tersebut kini terus melakukan pembenahan dari sektor wisata. Sebagai kawasan penyangga perekonomian di Jawa Barat, Pangandaran terus mempercantik diri termasuk kreatifitas masyarakatnya untuk bisa berperan sebagai agen wisata dan sadar wisata. Dengan harapan, potensi yang dimiliki Pangandaran mampu tereskplorasi sebagai wisata mendunia.

Mari kita tengok ke galeri Wayang Golek yang ada di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Galeri ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Pangandaran.

Galeri milik Agus tersebut membuat banyak wisatawan asing terkesan. Apalagi mereka bisa tahu filosofi wayang secara mendalam. Tentu ini pun menjadi wahana edukasi bagi para pecinta budaya Indonesia.

Pemandu Wisata Pangandaran, Pipik Taufiq (42) mengatakan saat memandu turis asal negara Swiss, ke galeri kesenian budaya khas Jawa Barat yaitu Geleri Wayang Golek untuk menambah kesan yang dirasakan oleh para pencalong penikmat wisata. Bukan hanya rekreasinya saja, berwisata ke Pangandaran harus memiliki makna bagi para pengunjungnya.

“Galeri milik Bapak Agus Ciokong, Desa Sukaresik, menjadi lokasi wisata budaya di Pangandaran dan menarik minat wisatawan asing, ungkapnya Jumat (29/6/2018), seperti yang dilansir wartapriangan.com.

Sebanyak 7 orang turis ini sangat terkesan, dengan koleksi wayang golek. Bagi mereka wayah golek ini sangat unik. Selain unik, cara pembuatan serta mengenalkan karakter tokoh pewayangan ini menambah nuansa berbeda saat berwisata ke Pangandaran. (John)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.