LK II HMI Kota Banjar, Wahana Rembug Nasional Mahasiswa se-Indonesia

0
54

PENDIDIKAN, ETNOGRAFI.ID—Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar melaksanakan kaderisasi anggota dengan menggelar LK II. Kaderisasi anggota ini memiliki tujuan penting utama yakni memenuhi standar keilmuan wawasan dan kedewasaan berfikir dan bertindak.

Ketua HMI Cabang Kota Banjar, Joko Nurhidayat mengemukakan LK II HMI cabang kota Banjar adalah satu proses kaderisasi tingkat dua yang wajib diadakan oleh setiap cabang HMI di Nusantara.

Setelah kader lolos uji dari proses tahapan standarisasi yang diterapkan oleh internal organisasi dan juga setelah lulus minimal 6 bulan dari Latihan Kader tingkat 1 di cabang kota kabupaten.

Menurut dia HMI adalah organisasi kader bukan organisasi masa, maka HMI memandang perlu untuk bagaimana menanamkan pondasi-pondasi ideologi paham keislaman keindonesiaan sebagai bahan suplemen materi untuk bekal bagi mereka di kemudian hari kelak dan juga bagian dari wahana pembentukan karakter bagi setiap individu kader untuk memenuhi standar keilmuan wawasan dan kedewasaan berfikir bertindak.

“Karena  mereka sebagai salah satu calon penerus estapeta kepemimpinan HMI di setiap tingkatan cabang di setiap kabupaten/kota di Indonesia,”terang dia, Selasa (17/07).

Joko menambahkan, selain menjadi wahana pembelajaran, ini juga sebagai wahana rembug nasional mahasiswa se-Indonesia. Karena peserta terwakili dari setiap provinsi di Indonesia, kurang lebih diikuti oleh 32 Kota Kabupaten diindonesia untuk LK II HMI Cabang Kota Banjar 2018.

Materi disesuaikan dengan kapasitas out put harapan dari kaderisasi LK II HMI cabang Kota Banjar dengan narasumber tingkat Nasional, daerah, dan juga provinsi, ini menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan.

“Karena pemateri-pemateri HM dari alumni- alumi HMI yang telah teruji secara kiprah dan pengabdian, juga pemateri yang masih berada di tingkatan pengurus aktif HMI baik itu dari BADKO ( Badan Koordinasi ) HMI, Tingkatan provinsi, atau dari PB ( Pengurus Besar HMI ) Tingkat Nasional,” imbuh dia.

Harapan tersebut lanjut Joko bisa menjadi salah satu magnet dan ikhtiar HMI cabang kota Banjar khususnya dalam membangun Narasi Peradaban Intelektual Kota Banjar, baik komitmen secara individu atau komitmen sekala komunal organisasi.

Juga, tidak lepas pula para penerus regenerasi Bangsa ini perlu di suport oleh pemerintah kota kabupaten, agar para peserta mampu belajar selain tentang wawasan nasional juga mampu mengambil pembelajaran dari pemerintah kota Banjar sebagai bekal ke daerah masing-masing untuk bisa diimplementasikan sekaligus menjadi bahan kajian akademik supaya bisa memberikan sumbangsih ide gagasan positif daerah para peserta training HMI masing-masing kota kabupaten.

Pada kesempatan LK II HMI cabang kota Banjar ini berkesempatan hadir Anggota DPR RI Agun Gunandjar S untuk memberikan materi dan motivasi bagaimana berkehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita undang beliau sebagai salah satu narasumber yang kapasitasnya sebagai salah satu alumni HMI, materi yang beliau sampaikan yaitu seputar wawasan kebangsaan, Dengan tema materi “Pancasila Sebagai Perekat  di Tengah Multikulturalisme Bangsa Indonesia,” pungkas dia. (john)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.