Haru Di Rumah Tahanan Polres Banjar

0
59

BANJAR, ETNOGRAFI.ID–Hanya  bisa menunduk penuh penyesalan ketika tahanan Polres Banjar dibina mental serta rohaninya (Binrothal) dibalik jeruji besi beralaskan tembok saja. Penyesalan itu  terlihat di raut wajah yang kusut serta kosong menandakan mereka terus mengingat seluruh perbuatan yang  telah dilakukan.

Sesekali, tahanan ini meneteskan air mata saat tahanan dituntun untuk bertaubat. Suasana haru pun menyelimuti ruangan yang memuat 14 orang tahanan, siang itu.

Binrohtal diawali dengan membaca Ummul Kitab yaitu Surat Al-fatihah, serta membaca Istigfar dan dilanjut dengan Tausyiah.

Kanit Bintibmas, Polres Banjar, Bripka Yadi Heratriyadi S.Sos dalam tausyiahnya mengajak kepada semua tahanan agar perbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT, bertobat untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi dan berusaha menjalani kehidupan yang lebih baik di masyarakat kelak, jika sudah selesai menjadi masa hukumannya.

“Sesuatu yang jelek akan berubah menjadi baik jika kita mau untuk berusaha berubah,” ungkap Bripka Yadi

Sementara itu, Kapolres Kota Banjar, AKBP. Matrius, S.I.K., MH., menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebagian sarana untuk pembinaan rohani dan mental untuk para tahanan agar selama masa penahanan di rumah tahanan Polres Kota Banjar, dapat memenuhi dengan kegiatan yang positif bebas bisa kembali di tengah-tengah masyarakat dan tidak mengulangi lagi perbuatan kriminal yang pernah dilakukan.

“Selain itu juga untuk menguatkan mental para tahanan selama masa penahanan dan membuat agar lebih banyak waktu dalam menjalankan ibadah,” kata dia.  (Andi Maulana)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.