Harga Cabe Merah Di Ciamis Semakin Pedas

0
41
kios sayuran di Pasar Manis Ciamis

Ciamis, Etnografi.id – Para Pedagang Sayur Mayur di Ciamis, merugi hingga 50 persen, ini disebabkan oleh harga Cabe merah terus melonjak, kenaikan harga komuditas  tersebut. Khusunya cabai merah lokal yang kini menembus kisaran Rp. 70.000,- per kilogram. Dampak kenaikan harga cabe tersebut sangat di rasakan para pedagang sayur mayor di Pasar Manis Ciamis.

Dampak tersebut dirasakan Acep Saefudin pedagang sayur mayur di Blok A, menurut dia bahwa terjadi kenaikan harga di cabe merah lokal. Dia menuturkan sudah hampir sepekan ini harga cabe meroket tiga kali lipat, di kisaran Rp. 60.000,- hinga Rp. 70.000,- per kilogram. Hal ini menyebabkan para pelangganya mengurangi belanjaan juga bahkan pelanggan kabur memilih dan mencari harga yang lebih murah.

“Kami mengalami kerugian sekitar 40-50% dengan kenaikan harga cabe ini,  yang biasanya setiap hari sedikitnya 70 kilogram terjual, sekarang ga bisa. Bahkan biasanya kami setiap hari men-stock barang dagangan, sekarang sampai 3 hari baru habis.” Acep (senin 8/10/18).

Menurut dia, penyebab kenaikan harga cabe tersebut, kurangnya pasokan barang dari petani. Diduga karena disejumlah daerah mengalami kekeringan yang melanda petani cabe, sehingga produksinya menurun sementara permintaan banyak. 

Hal senada dialami Yoyo (45), pedagang di blok  A yang mengalami kondisi sama dampak kenaikan harga cabe merah lokal ini, membuat perekonomian di pasar Ciamis ini tidak normal.

“Kami berharap pemerintah dapat turun tangan dalam mengatasi hal ini,” ucap Yoyo.

Selain Cabe Merah kenaikan juga terjadi pada sayuran khususnya koll. Sementara untuk harga daging Ayam di kisaran Rp. 40.000,- ini naik dari harga seminggu sebelumnya di kisaran Rp. 38.000,-.

Pedagang daging ayam di blok E, Ajis mengungkapkan sudah sejak dua minggu ini harga daging tidak menentu, kadang turun kadang naik. Walaupun tidak besar kenaikannya ini juga mempengaruhi terhadap para pelanggan, ini menjadi pertanyaan pelanggan.

“Untuk harga, kami sebagai pedagang hanya dapat mematok harga sesuai harga beli dari Bandar atau pemasok, kalua dari pemasok murah ya kita jual murah, ga bisa kita jual mahal karena pembeli sekarang sudah tau dan pintar, mana yang murah dan mahal”. Ujarnya.

Sementara, dari pantauan harga barang kebutuhan pokok masyarakat Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan, tercatat pada 1 oktober 2018, untuk harga cabe merah lokal di pasar manis Ciamis, dan Sindangkasi di kisaran Rp. 45.000,-  perkilogram, dan untuk di Pasar Banjarsari serta Pasar Kawali di kisaran Rp. 40.000,- per kilogram.

Daging ayam di Pasar Manis Ciamis  dikisaran Rp. 38.000,- per kilogram di Pasar Sindangkasih dan Kawali di kisaran Rp. 35.000,- per kilogram dan Pasar Banjarsari Rp. 29.000,- per kilogram. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.